PRKI MENJADI SALAH SATU NARASUMBER PADA SEMINAR KEPEMUDAAN DI UNIVERSITAS CIPASUNG

PRKI MENJADI SALAH SATU NARASUMBER PADA SEMINAR KEPEMUDAAN DI UNIVERSITAS CIPASUNG

Mahasiswa adalah kalangan muda intelektual yang memiliki peran bukan hanya untuk dirinya sendiri tetapi juga bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Status mahasiswa merupakan status pada level intelektual yang tinggi, usia muda dengan idealisme yang masih kuat. Peran dan fungsi mahasiswa dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan suatu bangsa dan negara.

Sejarah mencatat kalangan muda di Indonesia sebagai kalangan terpelajar telah menggerakkan perjuangan bangsa.
Sejarah reformasi tahun 1998 adalah catatan kegemilangan perjuangan mahasiswa dalam menuntut keadilan di negerinya sendiri. Saat rakyat tak bisa bicara, mahasiswalah tonggak terdepan yang seharusnya mengaspirasikan suara masyarakat.

Peran dan fungsi mahasiswa dalam masyarakat yang pertama yaitu sebagai agent of change (agen perubahan). Sesuai namanya, mahasiswa diharuskan untuk bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu agar dapat mengaplikasikan ilmu tersebut di kehidupan bermasyarakat.

Bukan sekadar gelar saja yang menempel. Sebab, di dalam gelar tersebut ada harapan untuk perubahan bangsa yang lebih baik lagi. Mahasiswa diharapkan dapat menjadi penggerak perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

“Perlu diingat, kata kunci dari agent of change yaitu adanya tekad untuk maju dan bergerak lebih baik” Tutur Ketua PRKI pada Seminar Kepemudaan yang diadakan oleh BEM Universitas Cipasung pada tanggal 31 Oktober 2021.

Peran dan fungsi mahasiswa dalam masyarakat yang keempat yaitu sebagai kekuatan penjaga moral (moral force). Mahasiswa memiliki peran penting dalam menjaga nilai-nail baik dalam masyarakat.

Sebagai seorang mahasiswa, Anda harus memiliki acuan dasar dalam berperilaku. Terlebih di era sekarang, banyak nilai-nilai luar yang mudah masuk ke dalam negeri. Nilai-nilai yang tak sesuai dengan kepribadian bangsa sudah seharusnya ditangkal.

Di sinilah peran dan fungsi mahasiswa sebagai kekuatan penjaga moral. Jati diri bangsa Indonesia sudah seharusnya dijaga bersama-sama, termasuk oleh mahasiswa.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan

8 − 7 =